Booster Alami untuk ASI, Apa Saja?



Ada beberapa makanan yang secara alami dapat menambah lancarnya ASI. Kali ini, Bidan Bunda akan berbagi salah satu cara melancarkan ASI yang bagus dan aman. Makanan yang memiliki manfaat sebagai pelancar ASI ini adalah makanan tertentu yang memiliki senyawa galaktogogus. 

Apa itu senyawa galaktogogus? Istilah itu biasa digunakan untuk menyebut senyawa-senyawa yang bisa merangsang peningkatan  produksi ASI. Diskusi tentang manfaat ASI bagi si kecil, Bidan Bunda yakin bahwa bunda sudah banyak mengikutinya. Nah, apa saja 25 makanan pelancar ASI yang bagus tersebut? Berikut adalah daftar 25 makanan pelancar ASI :

1. Beras merah



Mengandung senyawa galaktogogus yang berguna dalam melancarkan ASI. Beras merah bagus untuk memberikan perawatan pasca melahirkan. Bahan ini memiliki senyawa yang penting untuk relaksasi sehingga istirahat bunda lebih berkualitas. Selain membantu meningkatkan nafsu makan bunda, juga membantu menjaga kadar gula dalam darah 

2. Bayam

Bayam mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium dan asam folat.









 3. Oatmeal
 
Oat memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, di luar negeri, terutama di US, bahan pangan ini sudah cukup lama populer. Oatmeal biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi. Dalam banyak artikel disebutkan beberapa manfaat oat bagi kesehatan seperti mengontrol terjadinya diabetes setelah masa kehamilan. Oatmeal memiliki cukup kandungan kalori, mengandung serat pangan yang baik untuk pencernaan bunda. Penyajian yang sesuai selera bisa menjadikannya salah satu cara melancarkan ASI yang mampet
 

4. Salmon

Bahan pangan ini dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan sudah sejak lama. Terutama karena kandungan Essensial Fatty Acid (EFA) dan Omega-3 yang ada di dalamnya.

EFA dan Omega-3 sangat baik dan penting bagi ibu menyusui. Kandungan dalam daging ikan salmon mampu meningkatkan hormon laktasi dan membuat asi kental berkualita. Iini adalah makanan pelancar ASI yang bagus karena juga meningkatkan kualitas ASI. Bagaimana untuk mengkonsumsinya? Bisa direbus atau dipanggang sesuai selera bunda.


5. Wortel

Bunda bisa mencoba segelas jus wortel pada saat sarapan atau makan siang dan kemudian jika cocok, ASI bunda akan segera melimpah. Sama seperti halnya mengonsumsi bayam, wortel juga memiliki manfaat dalam melancarkan ASI. Wortel mengandung Vitamin A sehingga sangat penting dalam meningkatkan kualitas ASI.
  


  6. Adas
 
Adas bermanfaat sebagai makanan pelancar ASI yang bagus. Bahan ini juga bagus untuk kesehatan pencernaan dan mengatasi bayi kolik. 






 

  7. Bawang putih 

Ada yang menganggap bahwa bawang putih adalah makanan pelancar ASI terbaik yang mengandung senyawa galaktogogus, dan juga mencegah kanker. Cukup digunakan sebagai bumbu masakan atau sambal.
8. Fenugreek
 
Biji fenugreek sudah lama dikenal mampu memperbanyak ASI. Mengonsumsi fenugreek adalah cara melancarkan ASI kembali yang cukup manjur untuk dicoba. Bahan ini memiliki manfaat juga sebagai bahan yang mampu mengatasi sembelit. Selain fenugreek melancarkan ASI, bahan ini juga dapat meningkatkan kualitasnya. Bunda juga bisa mengonsumsi fenugreek sebagai taburan di pancake.


9. Labu

Labu memang bukan termasuk sayuran yang banyak disukai. Namun, labu termasuk sayuran pelancar ASI. Selain sebagai ASI booster alami, labu juga mampu meningkatkan kualitas ASI. Labu mudah dicerna dan membantu menormalkan kadar gula darah. Apakah bunda pernah membaca resep puding labu? Segera saja praktikkan sekarang untuk ASI lancar dan banyak ya.



10. Daun kemangi

Lalapan ini merupakan sayuran pelancar ASI yang juga sebagai sumber anti oksidan. Daun ini memiliki efek menenangkan yang sangat dibutuhkan saat menyusui, membantu meningkatkan imunitas bunda. Tambahkan beberapa tangkai daun kemangi dalam teh bunda dan nikmati kesegarannya. Menggunakannya sebagai lalapan pecel lele? Hmm, barangkali ide bagus juga sebagai cara melancarkan ASI yang tersumbat                        

11. Buncis

Bahan pangan ini adalah sayuran pelancar ASI yang bagus untuk ibu menyusui dan pasca melahirkan. Buncis cukup kaya akan kalsium, vitamin B-kompleks, dan serat pangan. Rendam buncis semalam dan rebus di pagi hari. Hancurkan satu atau dua gelintir dalam salad sayur dan nikmati segera.

 


12. Asparagus

Asparagus merupakan ASI booster alami yang mampu menambah pasokan ASI. Bahan ini adalah makanan tinggi serat dan juga tinggi vitamin A dan K.Asparagus mampu membantu merangsang hormon pada ibu menyusui yang penting dalam meningkatkan produksi ASI.

 


13. Jintan hitam

Biji jintan hitam dapat meningkatkan pasokan ASI. Bahan ini juga bisa berfungsi sebagai pembakar lemak, membantu menghindari iritasi pencernaan. Ini adalah bahan makanan pelancar ASI yang bagus karena juga banyak manfaat kesekatan yang didapat. Tambahkan sejumput bubuk jintan hitam dalam susu atau minuman lain.

 

14. Wijen

Biji wijen merupakan sumber yang kaya akan kalsium. Bahan ini diyakini sebagai ASI booster alami yang bagus. Campurkan biji wijen dengan susu, gula, dan almond. Konsumsi dalam jumlah terbatas ya bunda                        





  15. Pepaya
 
Pepaya mentah banyak digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia. Pepaya adalah buah pelancar ASI yang sudah lama dikenal di Asia Tenggara. Pepaya telah digunakan sebagai obat penenang alami yang dapat membantu bunda untuk bersantai selain juga pelancar ASI. Pepaya matang adalah makanan pelancar ASI yang bagus dan menyenangkan bagi yang menyukainya

16. Susu Sapi

Susu sapi memiliki kandungan kalsium dan EFA yang bagus. Tambahkan setidaknya 2 sampai 3 gelas susu sapi dalam diet sehari-hari bunda jika bayi bunda tidak alergi.

 



17. Almond

Almond kaya akan Omega-3 dan vitamin E. Vitamin E membantu menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan pasca kehamilan. Omega-3 membantu meningkatkan hormon yang penting dalam meningkatkan produksi ASI. Bunda bisa mengolahnya sebagai sari almond yang enak sehingga bisa menjadi cara melancarkan ASI setelah melahirkan yang tidak menjemukan

 

18. Paha ayam

Paha memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kandungan kalsium bagus untuk melancarkan ASI, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan sistem saraf. Bunda bisa memasaknya sehingga bisa menjadi cara melancarkan ASI yang enak.




19. Air putih dan jus buah
 
Air putih dan jus buah sangat penting dalam meningkatkan produksi ASI. Mencegah bunda dari dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang selama menyusui.

 





20. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber kalium yang penting, mengandung karbohidrat penghasil energi yang diperlukan guna melawan kelelahan. Mengandung Vitamin C dan B-kompleks yang mengandung senyawa relaksan otot.

Itu dia bunda booster alami untuk memperlancar ASI dan meningkatkan kualitasnya. Selamat mencoba ya bun :)



0 Comment:

Posting Komentar