10 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami Tanpa Efek Samping :





1. Terus Menyusui Cara terbaik untuk meningkatkan produksi ASI adalah selalu menyusui bayi. Hal ini terkait dengan prinsip stimulus dan respon, ketika bayi terus berusaha ‘nenen’ disitulah stimulus atau rangsangan akan terus diberikan, maka secara alami tubuh sang ibu akan memberikan respon berupa peningkatan produksi ASI sesuai dengan stimulus yang diterima. Semakin sering Anda menyusui, maka semakin memperbanyak ASI. 
2. Skin to Skin Nurse Setiap kali Anda menyusui bayi Anda, yang terbaik untuk dilakukan adalah skin to skin nurse, dalam artian ketika menyusui usahakan agar kulit bayi bersentuhan langsung dengan kulit Anda tanpa sehelai kainpun yang menghalangi. Ini berarti bahwa sebaiknya Anda melepas kaos dan bra, sedangkan bayi hanya menggunakan popok. Ketika sudah demikian, gunakanlah selimut untuk menutupi kalian berdua dan terus rutinkanlah cara seperti ini.
3. Jangan Dihentikan/Membatasi Cobalah untuk memberikan bayi waktu menyusu sebanyak yang dia butuhkan, ketika bayi sudah cukup kenyang maka secara otomatis dia akan berhenti menyusu dengan sendirinya. Dan jangan lupa untuk memberikan ASI dari payudara sebelahnya secara bergantian. 
4. Jangan Gunakan Dot, Botol, dan Makanan Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, ASI dan menyusui harus menjadi satu-satunya sumber makanan. Dot, botol atau bahkan makanan padat harus dihindari sebisa mungkin karena akan cenderung mengurangi rasa lapar, yang membuat bayi cenderung malas untuk menyusu. Bahkan karena aliran dari botol dot lebih kencang dan lebih mudah keluar, maka bayi menjadi ogah ketika ditawarkan ASI langsung dari ibunya. Jika demikian, maka produksi ASI akan terus berkurang sampai akhirnya berhenti. 
5. Cukup Tidur dan Hindari Stres Untuk ibu-ibu dengan bayi yang baru lahir, mungkin terdengar mustahil untuk bisa tidur nyenyak dalam waktu yang cukup, bayi sering mengajak begadang lantaran siklus tidur yang belum teratur. Namun, sesungguhnya cukup tidur dan menghindari stres bagi ibu adalah hal terbaik untuk memperbanyak ASI. Meskipun sulit dilakukan, tapi cobalah untuk tidur siang saat bayi Anda tidur. Mintalah bantuan bantuan dari pasangan, teman, atau keluarga untuk mengurus keperluan sehari-hari. Jika Anda berhasil mendapatkan tidur yang cukup dan tetap santai, maka semakin baik produksi ASI baik kualitas ataupun kuantitasnya.
 6. Berbahagialah.. Karena dengan bunda bahagia, maka akan Hasilkan Hormon Cinta atau Oksitosin, jika oksitosin naik maka prolaktin juga meningkat di dalam tubuh, maka asi lun terproduksi lebih banyak lagi... 
7. Suplemen Penambah ASI Ada sejumlah suplemen dan obat-obatan yang bisa merangsang produksi ASI. Namun, sebelum mencoba semua ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Bahkan tak jarang mereka membekali setiap ibu yang baru melahirkan dengan suplemen penambah ASI 
8. Pompa di Antara Menyusui Bagaimana cara memperbanyak ASI selanjutnya? Salah satu cara yang baik untuk menjaga payudara agar selalu terangsang untuk menghasilkan ASI adalah dengan memompanya. Gunakanlah pompa ASI, memompa secara konsisten antara periode menyusui akan merangsang produksi ASI. Masing-masing payudara setidaknya dipompa sekitar 10 menit. Tahukah Anda bahwa pada pukul 2-5 pagi, produksi ASI cenderung lebih tinggi, sehingga memompa selama periode ini sangat dianjurkan, jika itu memungkinkan. 
9. Pastikan Posisi Tepat Bayi Menyusu dengan Tepat Jika mulut bayi tidak menempel dengan benar saat menyusu, maka dia tidak akan mendapatkan cukup susu dan produksi ASI itu sendiri tidak akan dirangsang sebagaimana mestinya. Kesalahan terbanyak yaitu: mulut bayi hanya meliputi ujung puting, padahal seharusnya meliputi hingga pangkal sampai areola (bagian yang berwarna gelap sekitar pangkal puting). Tidak hanya itu saja, posisi menyusui yang tidak tepat juga bisa menyebabkan lecetnya puting susu,

🌸
🌸
10.
Pemijatan Payudara Bayi yang baru lahir sering cenderung jatuh tertidur saat menyusui, terutama jika aliran ASI mulai melambat, hal ini bisa membuat air susu menggumpal di dalam payudara dan membuat aliran ASI menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemijatan untuk memecah gumpalan dan membuka penyumbatan. Ketika payudara terasa keras kompreslah dengan air hangat selama 10 menit, setelah itu lakukan pemijatan. Pemijatan bisa dilakukan dari bagian pangkal payudara kemudian tekan ke arah dinding dada dengan menggunakan kedua jari secara merata. Selanjutnya Anda dapat melakukan pemijatan dengan arah melingkar seperti alur obat nyamuk bakar sampai menuju ke area puting. Ingat, jangan dibalik alur ini karena tujuan kita adalah melancarkan aliran ASI.
🌸

0 Comment:

Posting Komentar